INDUKTANSI BERSAMA PDF

INDUKTANSI BERSAMA PDF

Induktansi sendiri adalah munculnya tegangan listrik pada suatu kumparan pada Induktansi bersama (mutual inductance) terdiri dari dua buah kumparan (N1. 4 Induktansi Bersama. Agus Suroso (FTETI-ITB) Induksi Elektromagnetik 2 / Percobaan Agus Suroso (FTETI-ITB) Induksi Elektromagnetik 3 / (1) dt Agus . Kontribusi Analisis Induktansi Sendii dan Induktansi Bersama pada Sirkuit Listrik dan Mesin Listrik Arus Bolak Balik 3 Fasa, Yanuarsyah Haroen.

Author: Voodoorr Yojind
Country: Bahrain
Language: English (Spanish)
Genre: Software
Published (Last): 24 November 2013
Pages: 138
PDF File Size: 19.62 Mb
ePub File Size: 7.17 Mb
ISBN: 905-5-31647-892-5
Downloads: 55826
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kerisar

Skip to main content. Log In Sign Up. Dengan demikian, mekatronika adalah gabungan disiplin ilmu dasar seperti, mekanika, elektro, dan informatika untuk merancang, memproduksi, mengoperasikan, atau memelihara sistem maupun mengoptimasi suatu produk untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Index of /wp-content/uploads//09/

Meningkatkan fleksibilitas Sebagai contoh, lengan robot industri dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan dengan merubah program peranti lunak di mikro-prosesornya seperti halnya bsrsama manusia. Ini yang menjadi faktor utama dimungkinkannya proses produksi produk yang beraneka ragam tipenya dengan jumlah yang sedikit-sedikit. Meningkatkan kehandalan Dengan menggunakan komponen-komponen elektronika untuk mengendalikan gerakan, maka komponen-komponen mesin pengendali gerak manual bisa dikurangi, sehingga meningkatkan kehandalan.

Meningkatkan presisi dan kecepatan Dengan menerapkan kendali digital dan teknologi elektronika, maka tingkat presisi mesin dan kecepatan gerak mesin dapat diangkat lebih tinggi lagi sampai batas tertentu. Sinyal keluaran dikontrol oleh sistem kontrol dan aktuator bertanggung jawab pada sinyal kontrol melalui elemen kontrol terakhir. Mekanika mempelajari keadaan gerak dari suatu sistem fisis benda. Mekanika dapat dipecah menjadi bersaama berdasarkan ada atau tidaknya gaya yang bekerja pada sistem yaitu: Besar-besaran fisis yang menggambarkan keadaan gerak dari suatu benda partikel, sistem partikel secara umum dapat diwakili oleh koordinat posisi, kecepatan, percepatan, momenatum dll.

Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai peralatan elektronik electronic devices. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri.

Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada induktabsi. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika. Dengan kata induktqnsi, sistem kendali loop terbuka tidak dapat digunakan sebagai perbandingan umpan balik dengan masukan.

Dalam suatu sistem kendali loop terbuka, keluaran tidak dapat dibandingkan dengan masukan acuan. Jadi setiap masukan acuan berhubungan dengan operasi tertentu, sehingga ketetapan dari sistem tergantung pada kalibrasi. Kelemahan sistem kendali ini adalah jika ada gangguan, maka sistem kendali loop terbuka tidak dapat melaksanakan tugas seperti yang diharapkan.

INDUKTANSI | KERJA LITAR ELEKTRIK DC – LEMBARAN KERJA –

Sistem kendali loop terbuka dapat digunakan hanya jika hubungan antara masukan dan keluaran diketahui dan tidak terdapat gangguan internal maupun eksternal. Contoh dari sistem kendali loop terbuka ini adalah mesin cuci, dimana perendaman, pencucian dan pembilasan dalam mesin cuci dilakukan atas basis waktu.

Mesin ini tidak mengukur sinyal keluaran, yaitu tingkat kebersihan pakaian. Becak motor Gambar I. Disini tidak ada feed back jadi, kita tidak tahu apakah terjadi eror antara input yang berupa gas pada stang dan juga perputaran gerak roda. Pada sistem kendali umpan balik, sistem mempertahankan hubungan yang ditentukan antara keluaran dengan beberapa masukan acuan, dengan cara membandingkan mereka dan selisih yang dihasilkan akan digunakan sebagai alat kendali. Pada sistem kendali loop tertutup, sinyal kesalahan yang bekerja, yaitu perbedaan antara sinyal masukan dan sinyal umpan balik yang mungkin sinyal keluarannya sendiri atau fungsi dari sinyal keluaran dan turunannyadisajikan ke kontroler sedemikian rupa untuk mengurangi kesalahan dan membawa keluaran sistem ke nilai yang dikehendaki.

Istilah kendali loop tertutup selalu berarti penggunaan aksi kendali umpan balik untuk mengurangi kesalahan sistem. Sebagai contoh dari sistem kendali loop tertutup ini adalah sistem kendali suhu ruangan. Dengan mengukur suhu ruangan yang sebenarnya dan membandingkannya dengan suhu acuan suhu yang dikehendakithermostat menjalankan alat pemanas atau pendingin, atau mematikannya sedemikian rupa sehingga memastikan bahwa suhu ruangan tetap pada suhu yang nyaman tidak tergantung dari keadaan di luar.

  LEARNING OPENCV BRADSKI AND KAEHLER PDF

Juga dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berkaitan dengan aplikasi mekanik, elektronik dan sistem yang berbasis komputer komputer, PLC atau mikro. Semuanya bergabung menjadi satu untuk memberikan fungsi terhadap manipulator m Elemen dasar sistem otomasi Terdapat tiga elemen dasar yang menjadi syarat mutlak bagi sistem otomasi, yaitu power, program of instruction, kontrol sistem yang kesemuanya untuk mendukung proses dari sistem otomasi tersebut.

Sumber energi bisa menggunakan energi listrik, baterai, ataupun Accu, semuanya tergantung dari tipe sistem otomasi itu sendiri. Program of instruction Proses kerja dari sistem otomasi mutlak memerlukan sistem kontrol baik menggunakan mekanis, elektronik ataupun komputer.

Untuk sistem kontrol yang menggunakan komputer dan keluarganya PLC maupun mikrokontroler bahasa pemrograman merupakan hal yang wajib ada. Sistem kontrol Sistem kontrol merupakan bagian penting dalam sistem otomasi. Sistem kontrol dapat tersusun dari komputer, rangkaian elektronik sederhana, peralatan mekanik. Hanya saja penggunaan rangkaian elektronik, perlatan meknik mulai ditinggalkan dan lebih mengedepankan sistem kontrol dengan penggunaan komputer dan keluarganya PLC, mikrokontroller Sistem kontrol sederhana dapat ditemukan dari berbagai macam peralatan yang kita jumpai, diantaranya – Setiap toilet memiliki mekanisme kontrol untuk mengisi ulang tangki air dengan pengisian sesuai dengan kapasitas dari tangki tersebut.

Mekanisme sistem kontrol tersebut menggunakan peralatan mekanis yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sistem otomasi. Sistem control tersebut akan memberikan pengaturan pada gerakan-gerakan tertentu untuk menyusun suatu peralatan pada industri. Pada sistem ini mencakup gabungan antara control system dan automatic system.

Contoh automatic control system: Elektronika membahas cara-cara penggunaan electron untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menarik.

Pada pembahasan tentang rangkaian listrik, perlu kiranya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa hal megenai apa itu yang induktanai dengan listrik. Untuk memahami tentang listrik, perlu kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari arus. Arus merupakan perubahan kecepatan muatan terhadap waktu atau muatan yang mengalir dalam satuan waktu dengan simbol i dari kata Perancis: Selama muatan tersebut bergerak maka akan muncul arus tetapi ketika muatan tersebut diam maka arus pun akan hilang.

Muatan akan bergerak jika ada energi luar yang memepengaruhinya. Muatan adalah satuan terkecil dari atom atau sub bagian dari atom. Muatan terdiri dari dua jenis yaitu muatan positif dan muatan negative Arah arus searah dengan arah muatan positif arah arus listrik atau berlawanan dengan arah aliran elektron.

Suatu partikel dapat menjadi imduktansi positif apabila kehilangan elektron dan menjadi muatan negatif apabila menerima elektron dari partikel lain. Coulomb adalah unit dasar dari International System of Units SI yang digunakan induktannsi mengukur muatan listrik. Ampere A Dalam teori rangkaian arus merupakan pergerakan muatan positif. Ketika terjadi beda potensial disuatu elemen atau komponen maka akan muncul arus dimaan arah arus positif mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arus negatif mengalir sebaliknya.

Volt V Gambar 2. Maka ada dua istilah yang seringkali dipakai pada Rangkaian Listrik, yaitu: Ada juga hal yang penting untuk diketahui sebelum membahas tentang pokok bahasan dalam bab ini yaitu fase. Umumnya bebrapa fase yang diketahui adalah 1 fase, 2 fase, dan juga 3 fase. Penjelasan untuk ketiga jenis fase tersebut dijelaskan induktanssi ini.

Rangkaian 3 fase Tiga-fase tenaga listrik adalah metode umum arus bolak tenaga listrik pembangkittransmisi bersaa, dan distribusi. Ini adalah jenis sistem polyphase dan merupakan metode yang paling umum digunakan oleh onduktansi di seluruh dunia untuk mentransfer daya.

Hal ini juga digunakan untuk daya yang besar motor dan beban besar lainnya. Sebuah 3 fase umumnya lebih ekonomis daripada yang lain, karena menggunakan bahan konduktor kurang untuk mengirimkan tenaga listrik dari setara- fase tunggal atau dua fase pada saat tegangan sama.

Mengambil satu konduktor sebagai acuan, dua lainnya arus yang tertunda dalam waktu dengan sepertiga dan dua pertiga dari satu siklus arus listrik. Penundaan antara fase ini memiliki pengaruh pemberian transfer daya konstan setiap siklus arus dan juga memungkinkan untuk menghasilkan medan magnet berputar dalam motor listrik.

Tiga-fasa sistem mungkin memiliki netral kawat. Bedsama kawat netral memungkinkan sistem tiga fase menggunakan tegangan yang lebih tinggi sementara masih mendukung lebih rendah-tegangan fase-tunggal peralatan. Dalam situasi distribusi tegangan tinggi, biasanya tidak memiliki kawat netral sebagai beban yang induktansu dapat dihubungkan antara fase fase-fase koneksi.

  DISLOKASI PANGGUL BAWAAN PDF

Tiga tahap memiliki sifat yang membuatnya sangat diinginkan dalam sistem tenaga listrik: Hal ini memungkinkan untuk menghilangkan atau mengurangi ukuran konduktor netral; semua konduktor fasa membawa yang sama saat ini dan sehingga dapat menjadi ukuran yang sama, untuk beban seimbang. Rangkaian 1 fase Dalam teknik elektro, fasa-tunggal tenaga listrik mengacu pada distribusi arus bolak tenaga listrik menggunakan sistem di mana semua tegangan pasokan bervariasi serempak.

Single-fase distribusi digunakan ketika beban sebagian besar pencahayaan dan pemanasan, dengan beberapa motor listrik besar. A-fase pasokan tunggal yang dihubungkan ke arus bolak motor listrik tidak menghasilkan medan magnet bergulir;-motor fase tunggal membutuhkan sirkuit tambahan untuk memulai, dan motor tersebut jarang di atas 10 atau 20 kW pada rating.

Sebaliknya, dalam tiga-fasa sistem, arus di masing-masing konduktor seketika mencapai puncak nilai-nilai mereka secara berurutan, tidak secara bersamaan, dalam setiap siklus frekuensi daya, pertama satu, maka, maka ketiga saat ini mencapai nilai maksimum kedua.

Bentuk gelombang dari tiga konduktor pasokan dikurangkan dari satu sama lain dalam waktu tertunda dalam fase oleh sepertiga masa mereka. Standar frekuensi daya sistem fase-tunggal baik 50 atau 60 Hz. Khusus fasa- tunggal daya jaringan traksi dapat beroperasi pada 16,67 Hz atau frekuensi lain untuk listrik kereta api listrik.

Single-fase distribusi daya banyak digunakan terutama di daerah pedesaan, di mana biaya jaringan distribusi tiga fasa yang tinggi dan beban motor kecil dan jarang. Rangkaian 2 Fase Merupakan dua sirkuit yang digunakan, dengan tegangan fase berbeda dengan 90 derajat. Biasanya sirkuit menggunakan empat kabel, dua untuk setiap tahap.

Kurang sering, tiga kabel digunakan, dengan kabel biasa dengan konduktor yang lebih besar-diameter. Beberapa generator dua-tahap awal memiliki dua majelis rotor dan lapangan lengkap, dengan gulungan fisik diimbangi dengan 90 derajat listrik untuk memberikan tenaga dua-fasa. The generator di Niagara Falls dipasang pada tahun adalah generator terbesar di dunia pada saat itu dan dua-fase mesin. Pada hari-hari awal teknik listriklebih mudah untuk menganalisa dan desain sistem dua fase dimana fase-benar terpisah.

Untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan beberapa penjelasan tersebut, maka dibuatlah komponen-komponen elektronika, diantaranya yang akan di jelaskan berikut ini. Bahan tipe P menjadi sisi anoda, sedangkan bahan tipe N menjadi sisi katoda. Banyak sekali penggunaan diode dan secara umum diode dapat digunakan antara lain ntuk pengaman, penyearah, Voltage Regulator, Modulator, Pengendali Frekuensi, Indikator, Switch.

Titik Kaki yang dekat dengan tanda titik merupakan sisi katoda, sedangkan yang lainnya adalah anoda Gambar2. Kaki yang dekat dengan cincin merupakan katoda, dan yang lainnya adalah anoda.

Pita- Pita Berwarna Pita- pita yang terpasang pada diode mempunyai lebar yang berbeda antara sisi satu dengan yang lainnya. Untuk menentukan kai- kakinya cukup melihat pita yang paling lebar, yang paling dekat dengan pita tersebut adalah katoda dan yang lainnya adalah anoda.

Bias Maju Forward Bias Dioda bias maju jika potensial positif sumber dihubungkan dengan positif diode anodasedangkan potensial negative sumber dihubungkan dengan diode negative katoda.

Pengonversi Unit

Pada Forward Bias, perbedaan voltage antara katoda dan anoda disebut threshold voltage atau knee voltage. Pada saat knee voltage arusnya mulai bertambah cepat. Bias Mundur Reverse Bias Dioda bias mundur jika potensial positif sumber dihubungkan dengen negative diode katodasedangkan negative sumber invuktansi dengan positif diode anoda. Bila diode diberi reverse bias beda voltage-nya tergantung dari tegangan catu tegangan tersebut disebut tegangan terbalik.

Apabila diode silicon dialiri arus AC bersa,a listrik dari PLNmaka yang mengalir hanya satu arah saja sehingga arus output diode berupa arus DC. Dioda dinyatakan dalam ukuran menurut kemampuan kuat arus yang mampu dilewatkan.